Cara Perawatan Rutin Backwash Yang Benar

Cara Perawatan Rutin Backwash Filter

Permasalahan yang sering dikeluhkan konsumen yang sudah memasang filter air adalah lupa atau tidak tahu bagaimana perawatan atau backwash filter air tersebut dengan benar. Artikel kali ini kami ingin membagikan tips merawat filter dengan benar.

          Backwash atau kuras filter adalah salah satu hal yang sepele namun penting manfaatnya agar kualitas air yang dihasilkan dalam penyaringan tetap bagus. Pada umumnya perawatan filter air atau yang lebih sering kita kenal dengan istilah backwash / kuras filter dilakukan setiap seminggu sekali atau seminggu dua kali. Teorinya semakin sering backwash semakin bagus. Perlu diketahui backwash yang kurang sempurna adalah endapan kotoran / lumpur masih tersisa didalam tabung dan dapat mengakibatkan media filter tidak mampu bekerja / menyaring air dengan maksimal sehingga air yang dihasilkannya tidak jernih (kurang bagus).

          Disini kami akan membagikan tips cara membersihkan / backwash filter air jenis FRP (fiber) dengan operasionalnya adalah kran three way valve yang ada di bagian atas tabung (kepala filter).

image

Keterangan:

  1. Backwash = Posisi kuras filter /  mengeluarkan kotoran dari dalam tabung filter.
  2. Fast rinse = Posisi pembilasan setelah dilakukan backwash filter.
  3. Filter = Posisi penyaringan / normal sehari hari.

Pada umumnya orang hanya melakukan pembersihan filter dengan cara mengarahkan tuas ke posisi BACKWASH 1x, kemudian dipindah ke posisi FAST RINSE 1x, kemudian setelah itu diposisikan ke FILTER dan selesai.

Baca Juga :  Opsi Instalasi Pemasangan Filter Air

Cara tersebut KURANG MAKSIMAL untuk mengeluarkan kotoran dalam tabung filter apalagi dilakukan dalam waktu yang singkat!!!

Cara Yang Benar Melakukan Backwash

image 1
  1. Arahkan tuas ke posisi backwash dan diamkan selama kurang lebih 2-3 menit
  2. Setelah itu posisikan tuas ke arah fast rinse dan diamkan selama 2-3 menit.
  3. Kemudian kembalikan lagi ke posisi backwash dan biarkan 2-3 menit.
  4. Lalu kembalikan lagi ke posisi fast rinse dan diamkan 2-5 menit
  5. Dan yang terakhir pindahkan tuas ke posisi FILTER

Proses backwash dan fast rinse bisa dilakukan beberapa kali tergantung kondisi air begitu pula dengan durasi menitnya. Intinya setelah kondisi air bersih (posisi fast rinse / bilas), maka barulah terakhir posisikan tuas filter ke posisi menyaring.

Ingat!!! Ketika melakukan proses pembersihan filter, pompa harus dalam keadaan dan jika air masih kotor lakukan langkah 1 dan 2 kembali.

Tinggalkan Balasan

chat
1
Butuh Batuan?
Hallo,
Ada Yang Bisa kami Bantu?