Tips Memilih Media Filter Air

Memilih Media Filter Air

Media filter air merupakan bagian terpenting dari sebuah filter. Berbagai macam media digunakan untuk menyaring permasalahan air yang ada. Tiap rumah memiliki permasalahan air yang berbeda beda diantaranya air keruh, kuning dan bau.

Pemasangan filter air bertujuan untuk mensolusi masalah air dalam rumah tangga yaitu jika permasalahannya keruh kuning dan bau maka diharapkan dengan dilakukan pemasangan filter air rumah tangga adalah supaya air tanah / PAM rumah menjadi bersih, jernih dan tentunya tidak berbau. Namun yang sering terjadi adalah megeneralisasi isi tabung filter (media filter air) apapun masalahnya dianggap sama dan hanya diisi media karbon aktif.

Perlu diketahui jenis bahan media filter air yang bagus menentukan kualitas hasil air. arena merupakan komponen penting yang berfungsi menetralisir atau menghilangkan zat-zat kimia maupun organik yang ada di dalam air seperti air berbau, keruh, kekuningan, berminyak, berkarat, atau berlumpur menjadi lebih baik dan layak untuk dikonsumsi. Biasanya bahan media filter air yang umum adalah menggunakan campuran dengan sistem berlapis seperti media pasir silika, media manganese, dan media karbon aktif dll.

Pilihlah media yang tahan lama dengan jangka waktu penggantian lebih lama. Pemilihan media filter air tergantung dari kondisi sumber air dan tujuan yang diinginkan yaitu air minum, untuk air bersih saja.

Berikut Beberapa Jenis Media Filter Air Yang Sering Digunakan :

  • Pasir Silica

Media filter air yang pertama adalah pasir silica. asir Silika atau biasa disebut pasir kuarsa atau pasir kwarsa. Pasir silica berbeda dengan pasir pada umumnya dan sangat efektif dalam menyaring air yang keruh. Selain itu pasir silica juga dapat menyaring lumpur, endapan, pasir serta partikel – partikel lainnya yang ada di dalam air.

pasir silika
  • Karbon Aktif

Merupakan lapisan media kedua dalam sebuah filter air setelah media silica. Media filter air ini yang paling sering digunakan karena dianggap sangat efektif dalam menyaring berbagai macam partikel asing yang terkandung di dalam air seperti sedimen. Selain menyaring air, karbon aktif tersebut dapat juga menghilangkan bau tidak sedap pada kandungan air.

Media Active Carbon 2
  • Manganese

Media manganese berfungsi untuk menghilangkan zat Mangan dan lapisan atas berminyak di dalam air. Kandungan mangan bila ditambahkan teh maka airnya berubah menjadi biru, bukan coklat atau kuning seperti warna teh pada umumnya. Serta kandungan mangan yang berlebih dapat mengakibatkan bau tidak sedap pada air disertai permukaan air yang berkilau seperti muncul minyak.

manganesse

Diatas adalah beberapa media yang umumnya digunakan untuk tabung filter air rumah tangga. Semoga ulasan tentang jenis media filter air tersebut bermanfaat bagi anda dalam memilih filter air yang tepat.

Tinggalkan Balasan

chat
1
Butuh Batuan?
Hallo,
Ada Yang Bisa kami Bantu?